Pengikut

Isnin, 23 Jun 2014

Bab Doa dalam solat Malam

عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ ، عَنِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، أَنَّهُ كَانَ إِذَا قَامَ إِلَى الصَّلَاةِ ، قَالَ : " وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِي فَطَرَ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضَ حَنِيفًا وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِينَ ، إِنَّ صَلَاتِي ، وَنُسُكِي ، وَمَحْيَايَ ، وَمَمَاتِي ، لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ ، لَا شَرِيكَ لَهُ ، وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ الْمُسْلِمِينَ ، اللَّهُمَّ أَنْتَ الْمَلِكُ ، لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ ، أَنْتَ رَبِّي وَأَنَا عَبْدُكَ ، ظَلَمْتُ نَفْسِي ، وَاعْتَرَفْتُ بِذَنْبِي ، فَاغْفِرْ لِي ذُنُوبِي جَمِيعًا ، إِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ ، وَاهْدِنِي لِأَحْسَنِ الأَخْلَاقِ ، لَا يَهْدِي لِأَحْسَنِهَا إِلَّا أَنْتَ ، وَاصْرِفْ عَنِّي سَيِّئَهَا ، لَا يَصْرِفُ عَنِّي سَيِّئَهَا إِلَّا أَنْتَ ، لَبَّيْكَ وَسَعْدَيْكَ ، وَالْخَيْرُ كُلُّهُ فِي يَدَيْكَ ، وَالشَّرُّ لَيْسَ إِلَيْكَ ، أَنَا بِكَ ، وَإِلَيْكَ تَبَارَكْتَ وَتَعَالَيْتَ ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ ، وَإِذَا رَكَعَ ، قَالَ : اللَّهُمَّ لَكَ رَكَعْتُ ، وَبِكَ آمَنْتُ ، وَلَكَ أَسْلَمْتُ ، خَشَعَ لَكَ سَمْعِي ، وَبَصَرِي ، وَمُخِّي ، وَعَظْمِي ، وَعَصَبِي ، وَإِذَا رَفَعَ ، قَالَ : اللَّهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ ، مِلْءَ السَّمَاوَاتِ ، وَمِلْءَ الأَرْضِ ، وَمِلْءَ مَا بَيْنَهُمَا ، وَمِلْءَ مَا شِئْتَ مِنْ شَيْءٍ بَعْدُ ، وَإِذَا سَجَدَ ، قَالَ : اللَّهُمَّ لَكَ سَجَدْتُ ، وَبِكَ آمَنْتُ ، وَلَكَ أَسْلَمْتُ ، سَجَدَ وَجْهِي لِلَّذِي خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ ، تَبَارَكَ اللَّهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ ، ثُمَّ يَكُونُ مِنْ آخِرِ مَا يَقُولُ بَيْنَ التَّشَهُّدِ وَالتَّسْلِيمِ : اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ ، وَمَا أَسْرَفْتُ وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّي ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ ، وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ ، لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ "

رَوَاهُ مُسْلِمٌ

 Dari Ali bin Abi Thalib r.a., katanya: "Adalah Rasulullah s.a.w. apabila berdiri sembahyang membaca: "Aku hadapkan mukaku kepada Tuhan yang menjadikan langit dan bumi dengan hasrat yang penuh kepada kebenaran lagi berserah diri dan aku bukan orang yang menyekutukan. Sesungguhnya sembahyangku, ibadatku, hidupku dan matiku hanya untuk Allah semata-mata, Tuhan yang tidak ada sekutu-Nya dan dengan itulah aku diperintahkan dan aku orang yang berserah diri. O Tuhan! Engkaulah raja, tidak ada Tuhan yang layak disembah selain Engkau, Engkau pendidikku dan aku hambaMu, aku telah curang kepada diriku dan aku telah mengakui kecuranganku itu; oleh sebab itu ampunilah dosaku semuanya karena tidak ada yang dapat meng-ampuni dosa-dosa itu selainMu; dan berilah aku petunjuk kepada se-baik-baik budi-pekerti yang tak dapat memberi petunjuk kepadanya selainMu, dan jauhkanlah diriku dari budi-pekerti yang busuk yang tak dapat menjauhkannya selainMu; aku tunduk dan ta'at kepadaMu; semua kebajikan berada ditanganMu dan semua kejahatan tak ada hubungannya denganMu; aku hanya bersanclar kepadaMti dan men-dapat petunjuk dari padaMu; bahagia dan mulialah Engkau; aku minta ampun dan bertaubat kepadaMu. Dan apabila beliau ruku' dibacanya: O Tuhan! karenaMu aku ruku' dan denganMu aku percaya dan kepada-Mu aku berserah diri; khusyu' kepada pendengaranku, penglihatanku, otakku, tulangku dan urat-urat sarafku. Dan apabila beliau bangun dari ruku' dibacanya: O Tuhan! untukMu segala pujian yang memenuhi langit dan bumi serta antara . keduanya, bahkan memenuhi segala sesuatu yang Engkau kehendaki. Dan apabila beliau sujud dibacanya: O Tuhan! kepadaMu aku sujud dan percaya, dan kepadaMu aku berserah diri; sujud mukaku kepada yang menciptakannya dan yang ,membentuknya, yang membukakan pendengaran dan penglihatannya, berbahagialah Tuhan yang sebaik-baik pencipta. Kemudian beliau membaca diantara tahiyat akhir dan salam: O Tuhan! berilah aku "subhana rabbial 'azhim". Dan adalah ruku'nya sama lamanya dengan berdirinya, kemudian beliau membaca sami' allahu Innan harnidah, kemudian berdiri pula beliau yang hampir sama lamanya dengan ruku' kemudian beliau sujud dan dibacanya "subhana rabbial a'la", dan su-judnya hampir sama pula lamanya dengan berdirinya waktu i'tidal." 

Riwayat Muslim 


Tiada ulasan:

Catat Ulasan